Banyak kendala yang mengakibatkan ngeposs tenaga betkurang.. Salahbsatuny Dr kenalpot.. Kadang kenalpot tidak cocok jg sangat berpengaruh..
Pengalaman temn saya mmkai knlpot kolong yg abal2 ga da merknya..
Dia ga prnah crta klo motornya krndala.. Hanya menggunakan ilmu perkayongan ndean/ barang kali... Pertma ganti karbu... Ga ngaruh sbuln kmudian ganti kampas kopling
Trus mau ganti blok... Pas saya dateng awlnya saya jg bingung panya ya... Ko udah gnti semua tetep saja ga ngaruh... Ahirnya seblum gnti blok saya saranin untuk pakai knlpot orisinil punya saya... Al hasil... Di coba .. Kata yang pertama iya ucapkan.. Yakin nyong kaya rossi... (tadi saya sperti rosi) Bingungkan tiba2 dateng2 ngong begitu..
Na anak sekolah yg d boncengin mmbuka baju.. Dan trnyata dia nabrak mobil lurr... Bukn kasian tp mlah d trtawakan Wakwakwak.. Al hasil knlpot saya penyok luurr..
Singkat crta bgtu lah kesimpulanya.. Motor jd kenceng ga ngeposs..
Langsung ke pembahasan tadi kita mengenal bagian2..knalpot enjin dua lejang..
itu ada bagian header nyang nempel ama lubang kenalpot di silinder head..
..
Disitu ada packing ..kepala header..ama baut dan mur pengikat kenalpot pada silinder head..
..
Check donk ah..
..
..
Biasanya disana ada rembesan oli samping..pertanda demikian alamat buruk masbro..
Pertanda sirkulasi gasbuang udah ada kebocoran..rasanya tenaga motor ngempos..
..
Memang..dalam konteks begini..
Dikatakan ngempos karena kebocoran sistem gasbuang..efek dirasakan ngempos(walau sedikit)
Karena untuk menutupi gas nyang merobos,RPM dituntut lebih tinggi agar tercipta tenaga optimalnya..rpm nyang tinggi tersebut ternyata mengcover kebocoran itu..sehingga tercipta sirkulasi gasbuang nyang sempurna..
..
Seperti nyang saya alami kemarin,entah karena desain kenalpot atau baut pemegang yg sudah miring..sehingga di area itu ada rembesan oli..sayup2 saya menangkap suara kenalpot yg merembes di header..tenaga pun berkurang,.alhasil setelah perbaikan dan bongkar pasang..ternyata hasilnya signifikan masbro..
Pada percobaan kecepatan dinihari(safety bro)..
Pada track lurus yg sama kecepatan pada saat belum di betulin adalah 140km/jam..setelah di betulin ternyata sanggup 160km/jam(speedometer) cukup lumayan kan 20km/jam
..
Saya katakan cukup signifikan..perubahanya cukup besar..
..tidak hanya ninja 150 saja,karena seluruh motor dua tak,kenalpotnya selalu mempunyai sistem ”tendangan balik”..gas segar yg lolos terbuang ke knalpot,dikembalikan lagi ke ruang bakar(ke silinder)..”tendangan balik” ini juga berfungsi menyumat agar air gas flow(campuran bbm dan udara) dari hisapan piston bisa mampat di ruang bakar(chamber)dan tidak lolos ke exhaust port(lubang gas buang)..
..
Demikian semoga bisa di mengerti..
*karena susah diuagkapkan dengan kata2..
Singkat cerita
Kenalpot 2 tak jangan sampai mrembes ..
Slam nguooookkkk...